Cara Kerja Genset Tipe Silent

Selain terdiri dari berbagai jenis kapasitas dan merk maka genset juga terdiri dari beberapa tipe. Yang paling umum dibeli adalah tipe open dan tipe silent. Genset silent atau generator set silent merupakan suatu mesin pembangkit listrik yang dirancang guna menghasilkan daya listrik dengan tingkat kebisingan yang rendah. Adapun cara kerjanya mirip dengan cara kerja genset biasa.

Hanya saja genset silent dilengkapi dengan cangkang atau rumah genset sebagai peredam suara juga diberi sistem pendingin yang lebih efisien guna mengurangi kebisingan pada saat beroperasi. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai cara kerja genset silent.

Mesin Pembakaran Genset Silent

Genset silent biasanya dilengkapi dengan mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine. Berbahan bakar solar untuk jenis diesel atau ada juga yang menggunakan bensin. Ketika genset silent dihidupkan, maka mesin pembakarannya pun mulai berputar menghasilkan energi mekanis.

Pembangkit Listrik

Energi mekanis yang dihasilkan oleh mesin pembakaran lalu digunakan untuk menggerakkan generator. Generator tersebut terdiri dari kumparan kawat yang diputar di dalam medan magnet, yang lalu menghasilkan arus listrik bolak-balik.

Peredam Suara

Genset silent memiliki peredam suara yang terbuat dari bahan-bahan yang dapat menyerap suara, seperti busa, atau serat, atau bahan isolasi lainnya. Peredam suara tersebut dipasang di sekitar mesin pembakaran dan generator guna mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan selama operasi. Peredam suara membantu menyerap suara yang dihasilkan oleh mesin.

Sistem Pendingin

Selama operasi, maka mesin pembakaran menghasilkan panas yang signifikan. Cara kerja genset silent dilengkapi dengan sistem pendingin yang efisien, seperti radiator atau kipas pendingin, guna menjaga suhu mesin supaya bisa tetap stabil juga untuk mencegah terjadinya overheating.

Sistem Pengaturan

Genset silent biasanya juga dilengkapi dengan sistem pengaturan otomatis yang akan memantau beban listrik serta mengatur putaran mesin sesuai kebutuhan. Hal ini untuk memastikan penggunaan bahan bakar agar efisien serta memiliki kinerja yang optimal.

Dengan kombinasi dari seluruh komponen tersebut maka genset silent dapat menghasilkan listrik dengan tingkat kebisingan yang rendah. Sehingga meskipun harga genset silent lebih tinggi daripada harga genset open namun banyak juga yang membelinya. Guna ditempatkan dan dipergunakan pada suatu lingkungan yang membutuhkan tingkat keheningan.

Contohnya seperti pada bangunan komersial, dan rumah sakit, juga pads suatu lingkungan perumahan di area perkotaan yang padat penduduk. Juga di kantor-kantor dan di sekolahan, serta berbagai fasilitas pendidikan serta kesehatan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top