Aneka Jenis Atap Transparan Gelombang Yang Ada Di Pasaran

Selain jendela salah satu komponen rumah yang bisa berfungsi untuk pencahayaan adalah atap. Jenis atap transparan gelombang sering dijadikan sebagai pilihan utama. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum memahami jenis-jenis atap ini. Akhirnya, mereka mendapatkan atap yang kurang cocok dengan kondisi rumahnya.

Ragam Atap Transparan

Setidaknya ada 10 ragam atap transparan gelombang yang bisa digunakan sebagai pelindung rumah. jenis-jenis tersebut diantaranya: 

  1. Alderon Transparan

Atap ini terbuat dari material uPVC semi transparan dilengkapi dengan gelombang berongga. Atap ini tergolong cukup kuat dan tahan lama. Sehingga masa pemakaian dari atap alderon tergolong cukup lama.

Atap jenis ini sering dianggap memiliki ketahanan hingga 10 tahun. Metode pembuatan atap ini berbeda dengan atap uPVC pada umumnya. Perbedaan ini terletak pada formulasi yang diberikan sehingga menghasilkan atap yang kuat.

Jenis atap Alderon Transparan tersedia dalam dua varian warna, yakni translucent white dan translucent blue.

  1. Spandek Transparan

Jenis atap transparan gelombang spandek cukup populer di masyarakat. Atap ini memiliki kualitas yang baik dan masa pemakaian yang lama jika dirawat dengan baik. Kedua hal tersebut didukung oleh material spandek yang tidak mudah lapuk dan tidak mudah berubah bentuk.

Biasanya perubahan cuaca akan mempengaruhi bentuk dari atap. Selain itu, bahan spandek bisa meredam suara nyaring dan bising sehingga cocok digunakan untuk perumahan kawasan perkotaan.

  1. Solartuff Transparan

Atap ini terbuat dari polikarbonat dengan tingkat kejernihan yang tinggi, bahkan terlihat bening. Sehingga penghuni rumah di bawah atap ini bisa melihat langit dengan sangat jelas. Ketahanannya juga cukup kuat dan dilapisi dengan lapisan anti UV pada kedua sisi.

Jadi, cahaya yang masuk melalui atap ini masih aman untuk bagian dalam rumah. Atap ini dibuat melalui proses modern sehingga memiliki fitur bobot yang ringan namun dengan kekuatan yang tinggi. Solartuff transparan juga sanggup bertahan di segala kondisi cuaca.

  1. Fiber Transparan

Nama lain dari atap fiber transparan adalah alsynite. Material utama dari atap ini adalah serat plastik atau fiber dengan kekuatan yang bisa diandalkan. Fiber transparan ini sering dijadikan alternatif karena bisa meneruskan cahaya dari matahari.

Daya tahan atap ini juga tidak perlu diragukan. Alsynite bisa bertahan dari perubahan cuaca. Selain itu atap ini juga mudah untuk didapatkan di pasaran. Sehingga harganya cukup ekonomis.

Dengan atap transparan gelombang, rumah anda akan memiliki suasana yang lebih cerah. Sebab cahaya dari luar bisa masuk secara langsung. Namun, jangan khawatir karena beberapa atap di atas telah dilapisi lapisan UV sehingga cahaya matahari yang masuk tidak akan berdampak buruk bagi rumah dan penghuninya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top