Rekomendasi Kampus Impian untuk Kuliah S1 Data Science di Indonesia

Faktanya, data science tidak sepopuler jurusan hukum, kedokteran, komunikasi, dan lainnya. Akan tetapi, kuliah S1 Data Science memiliki prospek kerja yang tinggi karena banyak dibutuhkan di perkembangan teknologi seperti sekarang. Nah, kebutuhan akan pengelolaan data serta interpretasi data terus meningkat seiring berkembangnya bisnis digital.

Walaupun data science tidak populer, tapi perlu diketahui apabila prospek kerjanya di masa depan sangatlah cerah. Seiring banyaknya teknologi digital yang baru semakin dibutuhkan pula lulusan kuliah S1 Data Science. Eits, tetapi di mana kuliah jurusan data science? Walau jarang terdengar, tetapi ada beberapa universitas yang memiliki jurusan ini, lho!

  1. IPB

Universitas IPB membuka peminatan sains data, yaitu dalam program studi statistika dan sains data. Hal ini bertujuan untuk merespons kebutuhan masyarakat akan pentingnya data science dari berbagai aspek. Jurusan ini sendiri ada di FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

  1. Universitas Airlangga

Kampus ini pun memiliki program studi teknologi sains data yang ada dalam FTTM (Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin). Awalnya pada semester satu, para mahasiswanya akan dikenalkan pada statistika dan pemrograman, salah satunya pemrograman Python dan pemrograman R.

  1. BINUS

Kali ini ada kampus swasta yang menyediakan school of computer science. Dengan program studi tersebut, universitas ini melahirkan para data scientist dengan kemampuan yang mumpuni di bidang data science.

  1. UNM atau Universitas Nusa Mandiri

Mungkin jarang terdengar, tetapi kampus ini menghadirkan berbagai program studi yang mengutamakan Teknologi informasi untuk memenuhi tantangan zaman digital ini. Salah satunya prodi data science yang menjadi jawaban dari kebutuhan industri akan para ahli kompeten dalam bidang sains data. Apalagi prospek kerja profesi ini pun semakin meningkat seiring perkembangan teknologi.

  1. Universitas Teknologi Yogyakarta

Seperti nama kampusnya yang mencantumkan kata ‘Teknologi’ tentu sudah memberi jawaban. Ya, dalam universitas ini terdapat program studi data science. Tentunya, adanya program studi ini diharapkan agar kampus bisa menghasilkan pada lulusan yang berkarir di bidang data scientist, data analyst, data engineer, dan lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi kampus untuk kuliah S1 Data Science yang bagi beberapa orang jarang. Eits, alih-alih mempelajari jurusan data science, Anda bisa memilih jurusan yang masih berhubungan dengan bidang tersebut seperti matematika dan statistika, serta masih banyak lagi, lho! Tertarik tidak nih setelah melihat peluangnya yang luas dengan persaingan yang masih minim?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top