Atap Seng Spandek, Solusi Murah Atasi Atap Bocor

Atap yang bocor cukup bikin pusing, sebab perlu mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan termasuk bahan bangunan, tenaga ahli, dan ongkos lainnya. Daripada memilih atap berkualitas rendah, anda harus mulai melirik atap seng spandek yang sudah terkenal akan kualitasnya unggul dibandingkan jenis atap lainnya. Dengan keunggulannya tersebut tentunya jadi makin hemat dan tak perlu mengeluarkan biaya ketika musim hujan tiba.

Lantas, apa sajakah penyebab atap rumah mudah bocor? Yuk, cari tahu sebab-sebabnya di bawah ini!

Penyebab Atap Rumah Mudah Bocor

  1. Retakan

Adanya retakan jadi faktor utama atap rumah jadi bocor, biasanya retakan muncul menjalar secara halus pada permukaan beton yang bisa semakin membesar dan melebar jika tak segera ditangani. Akibatnya air pun masuk ke sela-sela retakan.

  1. Genteng melorot

Posisi genteng melorot juga dapat menyebabkan kebocoran pada atap yang jadi celah masuknya air hujan. Untuk mengatasinya anda hanya tinggal membetulkan posisi genteng atau mengecek struktur atap apakah terlalu landai atau tidak.

  1. Kotoran menumpuk

Meski dianggap sepele, tetapi kotoran, debu, dan sampah dedaunan yang menumpuk dan dibiarkan pun bisa memicu kebocoran. Biasanya kotoran menumpuk di talang air yang kemudian menyebabkan genangan air dan perlahan merembes ke area dalam rumah.

  1. Belum dilengkapi teknologi baru

Atap rumah anda tak akan terkena bocor jika sudah dilengkapi teknologi pengunci dan pengikat seperti yang dimiliki oleh atap spandek tipe clip-lock atau kliplok. Jenis atap modern dengan kedua fitur tersebut cukup baik dalam mengatasi masalah kebocoran akibat genteng melorot atau kurang pas.

  1. Kurang idealnya desain atap

Kurangnya perhitungan terhadap desain atap juga rawan menimbulkan bocor di bagian sambungan tengah. Untuk menghindarinya, minimalisir penambahan kreasi pada atap dan lebih baik gunakan atap yang sudah berwarna jika ingin tetap ada unsur estetikanya.

Tips Memilih Atap Seng Spandek untuk Rumah

Ingin terhindar dari bocor di atap? Sudah saatnya anda beralih ke atap seng spandek, begini tips-tipsnya sebelum membeli : 

  • Sesuaikan kebutuhan

Pertama, sesuaikan dengan kebutuhan anda berdasarkan ukuran, ketebalan atapnya. Kemudian di manakah anda akan mengaplikasikan atap tersebut? Apakah untuk taman, seluruh bagian rumah, ruang laundry, bangunan komersil, atau sekadar untuk kanopi saja.

  • Atur budget

Atap spandek punya beberapa jenis dan material yang menentukan tinggi atau rendahnya harga jual. Anda perlu mengatur perkiraan budget yang tersedia untuk pembelian atap spandek sesuai kebutuhan.

Jika anda ingin atap anti bocor seperti tipe kliplok, maka perlu sedia uang lebih sebab cenderung mahal tetapi kualitasnya bukan main.

  • Pilih warna

Selanjutnya pilihlah warna atap yang ingin dicocokan dengan desain rumah. Atap seng spandek pun tersedia dalam beberapa varian warna, seperti merah bata, biru, hijau, kuning, dan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top