Aneka Jenis Rangka Baja Terbaik

Rangka baja yang telah memenuhi standar SNI (Standar Nasional Indonesia) bisa dikatakan sebagai rangka baja terbaik. Berat dan ukurannya presisi. Fungsinya sangat luas dan beragam serta fleksibel. Berikut ini beberapa jenisnya.

Rangka Baja Konvensional atau Baja Balok dan Kolom

Rangka baja jenis ini terdiri dari balok horizontal serta kolom vertikal. Penggunaannya secara luas di bidang konstruksi bangunan bertingkat.

Rangka Baja Portal

Rangka baja ini terdiri dari dua kolom vertikal yang dihubungkan oleh balok horisontal pada bagian atasnya. Sehingga membentuk struktur portal. Penggunaannya di dalam gedung industri serta gudang.

Rangka Baja Vierendeel

Pada rangka baja jenis ini antara balok horizontal dan vertikalnya tidak saling bersilangan, dan memiliki tampilan yang lebih terbuka. Biasanya digunakan untuk membangun gedung-gedung dengan jendela yang besar-besar.

Rangka Baja Truss

Rangka baja ini terdiri dari beberapa balok dan tiang yang membentuk struktur segitiga, dan sering dipergunakan untuk atap serta jembatan.

Rangka Baja Space

Rangka baja ini didesain untuk menciptakan ruang tanpa kolom pada bagian tengahnya. Sering dipergunakan dalam pembangunan stadion, dan aula, serta ruangan besar lainnya.

Rangka Baja Braced

Rangka baja terbaik ini memiliki beberapa elemen penopang tambahan atau brace, guna meningkatkan kestabilan dan daya tahannya. Sering dipergunakan pada bangunan yang memerlukan ketahanan terhadap beban angin ataupun gempa.

Rangka Baja K Brace

Rangka baja ini merupakan variasi dari rangka braced dengan elemen brace yang membentuk pola mirip huruf K.

Rangka Baja Inverted V Brace

Rangka baja ini memiliki elemen brace yang membentuk pola mirip huruf V yang terbalik. Guna meningkatkan kemampuannya dalam menahan beban lateral.

Rangka Baja H Brace

Rangka baja ini dirancang dengan elemen brace yang membentuk pola mirip huruf H, yang dimaksudkan untuk memberi stabilitas lateral.

Rangka Baja Cantilever

Dikenal dengan proyeksi horizontal yang menopang beban di satu ujung. Rangka baja ini digunakan pada struktur seperti untuk panggung atau balkon.

Rangka Baja Exoskeleton

Penggunaan rangka baja ini untuk di bagian eksternal yang ditempatkan di luar bangunan guna memberi stabilitas. Seringkali dipakai pada gedung-gedung tinggi yang futuristik.

Pilih desain dan ukuran rangka baja terbaik sesuai dengan kebutuhannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top