Ajak Anak ke Dental Clinic Jakarta Selatan: Kenali 4 Masalah Giginya!

Mengenalkan buah hati untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya ke dental clinic Jakarta Selatan perlu dilakukan sedini mungkin. Tak bisa dipungkiri, anak-anak juga rentan mengalami beragam masalah gigi.

Masalah gigi yang tidak ditangani sesegera mungkin bisa berdampak buruk di kemudian hari. Mari simak apa saja masalah gigi pada anak-anak!

Masalah Gigi pada Anak

  1. Pembusukan gigi

Kebiasaan minum susu dari dot yang dilakukan sembari tidur dapat menyebabkan pembusukan gigi atau gigi gigis. Menempelnya air susu di sekitaran gigi lama kelamaan membuat gigi makin rentan asam dan bakteri.

Ciri paling umum yang muncul biasanya pada gigi depan, dengan bintik putih maupun kuning.

  1. Gigi sensitif

Selain orang dewasa, kondisi gigi sensitif juga bisa dialami oleh anak-anak sehingga mengganggu mereka ketika makan. Hal ini dapat muncul dikarenakan pergerakan gigi, lubang pada gigi, gigi yang patah, sampai susunan rahang abnormal.

  1. Karies

Karies atau gigi berlubang juga disebabkan oleh lapisan enamel yang digerogoti oleh bakteri dari sisa makanan dan tak dibersihkan. Lubang yang akan membesar ini dapat merusak gigi susu, bahkan mengganggu proses pertumbuhan gigi permanen anak.

  1. Tonggos

Menghisap jempol memang wajar dilakukan bayi serta balita, namun kebiasaan yang terlalu lama dibiarkan ini justru dapat merusak giginya apalagi ketika memasuki usia lima tahun.

Kebiasaan menghisap jempol dapat mengubah struktur gigi bagian atas, atau sering dikenal tonggos.

Cara Ajarkan Anak Merawat Giginya

Berikut langkah tepat mengajak anak untuk merawat giginya :

  • Ketika gigi mereka muncul, sebisa mungkin sikatlah gigi dengan sikat yang lembut tanpa pasta gigi.
  • Setelah anak mulai besar, ajarkan mereka menyikat gigi dan membuang busa dari pasta gigi.
  • Biasakan menyikat gigi dua kali sehari, jangan lupa tetap mengawasinya.
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman manis. Ajak juga mereka langsung menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan manis.
  • Ajaklah si kecil untuk memeriksakan giginya ke dokter tiap enam bulan sekali.

Demi menjaga kesehatan mulut dan gigi anak, mari mulai mengenalkan anak dengan pemeriksaan gigi di dental clinic Jakarta Selatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top