Ini Dia Beberapa Poin Keunggulan Besi Plat Strip, Fleksibel Dan Awet!

Penggunaan besi plat strip sekarang ini sudah banyak sekali dalam berbagai konstruksi ringan, contohnya untuk pagar, teralis jendela, dan lain-lain. Hal tersebut tak terlepas dari fakta bahwa plat strip ini memiliki berbagai keunggulan. Berikut akan dijelaskan apa saja keunggulan plat strip dan jenis-jenis plat besi lainnya selain plat strip.

Keunggulan Plat Strip Besi

  1. Fleksibel 

Plat strip ini cenderung lebih mudah ditekuk atau dibengkokkan dengan las jika dibandingkan dengan jenis plat besi lainnya. Plat strip bisa dipotong sesuai pola serta kebutuhan.

  1. Kuat dan Awet

Kuat dan awetnya besi plat strip ini sebenarnya tergantung apa bahan dasar yang digunakannya. Plat strip baja biasanya terbuat dari bahan baja karbon ataupun baja tahan karat. 

Plat strip baja yang sifatnya tahan karat mempunyai ketahanan terhadap korosi yang baik. Sedangkan plat strip aluminium dibuat dari aluminium yang ringan tetapi kuat.

  1. Terjangkau

Dari segi biaya, plat strip termasuk memiliki harga yang terjangkau. Harganya tersebut bervariasi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi variasi harga besi plat strip, yaitu ukuran tebal dan lebarnya, serta jenis dan mereknya. Semakin tebal ukuran plat strip tersebut, maka harganya semakin tinggi, namun tak perlu khawatir, harganya masih tetap wajar dan bersahabat untuk kebutuhan konsumen.

Jenis Plat Besi Lainnya Selain Plat Strip 

Perlu diketahui bahwa selain besi plat strip ini, terdapat beberapa jenis plat besi yang tersedia di pasarannya, antara lain yaitu plat hitam, plat kembang, plat kapal, dan plat bordes. Jenis besi plat hitam mempunyai warna hitam dan desainnya lebih tipis mirip triplek, serta ketebalannya bervariasi. Fungsi utama besi ini lebih kepada sebagai penguat, sebagai material pembuatan tangki, sampai dengan sebagai dudukan material profil. 

Selanjutnya jenis plat kembang, ia memiliki permukaan yang cenderung bertekstur kasar yang mana itu berfungsi untuk mencegah licin di permukaan konstruksi yang dibuat. Ada juga jenis plat kapal yang fungsinya biasanya untuk pembuatan konstruksi kapal dan juga berbagai benda yang berukuran besar lainnya misalnya tangki, dan lain-lain. 

Untuk jenis plat bordes, kegunaannya biasanya lebih kepada pembuatan bordes, sesuai namanya. Bordes merupakan area datar di tangga yang berguna untuk mengistirahatkan kaki saat menaiki tangga tersebut, selain diaplikasikan di tangga, plat bordes juga dimanfaatkan untuk lantai pabrik, gudang, dan lain-lain. Plat ini hampir mirip plat kembang, namun lebih tebal dan lebih lebar.

Masing-masing jenis plat besi tersebut mempunyai berbagai fungsi untuk kebutuhan konstruksi yang tentunya berbeda-beda. 

Dari artikel di atas anda tahu bahwa besi plat strip itu fleksibel, kuat dan awet, serta harganya di pasaran cenderung terjangkau. Serta ternyata juga ada berbagai jenis plat besi lainnya selain plat strip. Demikianlah, semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top