Ketahui 4 Jenis Sol yang Biasa Digunakan Pada Sepatu Kulit Kerja

Perlu dipahami bahwa sol berjenis karet ataupun plastik kerap kali digunakan oleh pabrik pembuat sepatu kulit kerja. Daripada sol kulit yang cukup sulit proses pembuatannya, umumnya sol karet bisa menjadi alternatif lain yang mudah dalam pembuatan dan nyaman digunakan. Oleh karena itu, Sol karet dan juga plastik seringkali digunakan di jenis sepatu lainnya, baik itu sneakers ataupun basket. 

Jenis Sol Pada Sepatu Kulit Kerja

Berikut ini adalah beberapa jenis sol yang umumnya digunakan pada sepatu kulit kerja, antara lain:

  1. Thermoplastic Rubber atau TPR

Jenis sol sepatu kulit kerja yang satu ini biasanya terbuat dari material karet mentah yang diproses dengan cara dicairkan dan kemudian dicetak. Adapun keunggulan dari bahan tersebut antara lain gaya geseknya minim dan juga tahan lama jika di permukaan kasar. Selain itu, sol sepatu ini juga biasanya cukup nyaman digunakan sepanjang hari karena lebih empuk.

  1. Ethyl Vinyl-Acetate atau EVA

Material yang satu ini biasanya dianggap paling nyaman dan mudah untuk diatur menyesuaikan kebutuhan sepatu. Umumnya bahan EVA ini diproduksi sebagai bahan bantalan sol serta bagian luar lainnya pada sepatu kulit kerja. Untuk material sol ini dinilai sebagai yang paling ringan dibandingkan dengan jenis lainnya. 

Selain itu, fleksibilitasnya juga cukup baik sebagai penahan guncangan. Sol yang terbuat dari bahan ini umumnya digunakan pada sepatu kulit yang sifatnya kasual ataupun santai. Sehingga bisa memberikan kesan nyaman bagi para penggunanya.

  1. Rubber Sol

Sesuai dengan namanya, sol yang satu ini terbuat dari material karet yang dipanaskan kemudian dicetak. Adapun kelebihan dari sol sepatu ini yaitu cukup elastis, tahan air, dan juga awet. Biasanya penggunaan jenis sol ini diterapkan pada berbagai jenis sepatu kulit dan sepatu olahraga. Sebab, sol ini dinilai lebih berat daripada jenis material lain sehingga cocok untuk sepatu kulit kerja yang formal.

Itulah beberapa jenis sol yang biasanya digunakan untuk sepatu kulit kerja. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top