Cara Merawat Atap Gelombang Instan Agar Lebih Tahan Lama dan Kuat

Atap gelombang instant menjadi salah satu pilihan yang cukup populer karena lebih tahan dan kuat. Namun, sama seperti atap yang lain jenis atap ini membutuhkan perawatan supaya tetap awet dan tampilannya tetap baik. Berikut ini adalah beberapa cara merawat atap gelombang agar lebih awet. 

Bersihkan Atap Secara Berkala

Atap gelombang fiberglass harus dibersihkan secara berkala karena memang sangat penting untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan dari atap. Kotoran, debu maupun residu yang lainnya bisa menumpuk pada atap dan menimbulkan kerusakan. 

Membersihkan atap secara rutin bisa membantu untuk mencegah penumpukan kotoran berbahaya. Bersihkan atap pada rumah setidaknya enam bulan sekali atau lebih sering bila Anda berada di lokasi dengan tingkat polusi udara tinggi. 

Jangan Menggunakan Pembersih dengan Kandungan Bahan Kimia Berbahaya

Hindari pemakaian pembersih dengan kandungan bahan kimia berbahaya, seperti asam muriatik, klorin maupun amonia yang bisa merusak lapisan di permukaan atap. Gunakan sabun yang ringan aman digunakan pada atap gelombang instan. 

Pilih sabun yang memang sudah dirancang secara khusus untuk membersihkan atap gelombang dan sesuaikan dengan panduan yang sudah diberikan oleh produsen. 

Hindari Penggunaan Alat Pembersih dengan Tekstur Kasar

Jangan menggunakan alat pembersih yang sangat kasar, misalnya sikat maupun spons kasar dimana dapat merusak permukaan atap gelombang instant tersebut. Pakai spons yang lembut maupun kain lembut untuk membersihkan atap. Hindari pemakaian alat pembersih dengan tekstur kasar, tidak terkecuali alat pembersih dengan tekanan tinggi. 

Segera Perbaiki Bila Ada Atap yang Rusak

Perbaiki kerusakan dengan cepat bila terdapat kerusakan di atap fiberglass. Jangan dibiarkan kerusakan menjadi semakin parah karena ini nantinya bisa mengakibatkan kerusakan yang jauh lebih besar. Perhatikan kerusakan di atap gelombang tersebut dilakukan pada bahan yang mengalami kerusakan maupun dengan ditambahkan lapisan pelindung. 

Menghindari Bahan Berat

Bila menggunakan atap gelombang, maka Anda harus menghindari diberikan beban yang berat di atap tersebut. Jangan berjalan maupun menaruh barang yang berat di atas atap karena hal tersebut bisa merusak bagian struktur atap.

Gunakan Bahan Anti Karat 

Struktur atap gelombang instant yang dibuat dari logam bisa mengalami karatan. Pemakaian bahan anti karat di struktur atap tersebut bisa membantu mencegah karat dan memperpanjang masa penggunaan dari atap gelombang tersebut. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top