8 Pilihan Print Buku Murah

Mencetak buku secara fisik bisa dilakukan secara hemat dan murah. Perhatikan beberapa pilihan berikut ini agar bisa print buku murah namun tetap terjaga baik kualitasnya.

Terbitkan Buku di Penerbit Major

Jika buku bisa diterbitkan oleh penerbit major atau penerbit besar yang bahkan telah memiliki jaringan tokonya sendiri di berbagai kota dan negara maka buku bisa dicetak gratis tanpa biaya. Berbeda dengan jika buku diterbitkan oleh penerbit kecil, penerbit independent atau komunitas atau cetak sendiri. Tentu saja akan timbul biaya cetak. Namun persyaratan untuk bisa diterbitkan penerbit major cenderung cukup banyak dan lebih sulit.

Cetak dalam Jumlah yang Banyak

Mencetak buku dalam jumlah yang banyak cenderung akan lebih murah dibandingkan jika mencetaknya dalam jumlah yang sedikit. Ada perhitungan tertentu mengenai besaran cetak minimalnya.

Jenis Cetaknya

Mencetak buku secara cetak offset akan lebih ekonomis jika dibandingkan jika cetak digital. Terutama jika jumlah cetaknya dalam jumlah yang banyak. Hasil cetakannya berkualitas tinggi dengan biaya yang relatif cukup rendah per unit nya.

Cetak Berwarna dan Hitam Putih

Usahakan untuk memilih cetak buku hitam putih. Hal ini jelas akan membuat print buku lebih murah jika dibandingkan cetak warna. Bisa hemat banyak.

Kertas Standar Ekonomis

Pilih kertas standar yang ekonomis yang memiliki bobot yang ringan dan tingkat ketebalan yang cukup. Dengan demikian bisa hemat cukup banyak juga, dibandingkan cetak buku dengan kertas khusus yang tebal dengan kualitas yang lebih tinggi. Jika memungkinkan bisa pergunakan kertas daur ulang. Hal ini akan bisa menghemat banyak.

Desain yang Efektif dan Efisien

Pilih jasa desain gratis yang disediakan oleh jasa penerbit buku. Namun perhatikan agar desainnya bisa optimal dan tidak membuang-buang ruang serta hemat halaman. Hal ini bisa menghindari buku menjadi terlalu tebal.

Ukuran Buku yang Standar

Hindari cetak buku dalam ukuran khusus yang akan menimbulkan biaya tambahan.

Cetak Hardcover dan Softcover

Pilih juga cara penjilidan buku secara standar. Lalu pilih cetak buku secara softcover dibandingkan cetak cover keras atau secara hardcover. Dengan begitu maka buku bisa lebih ringan dan ekonomis.

Perhatikan beberapa pilihan tersebut saat hendak mencetak buku, agar print buku murah dan berkualitas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top