Jangan Salah! Simak Perbedaan Kanal U Baja Ringan Dan Kanal C (UNP Dan CNP)

Rangkaian Tahap Pemasangan Reng Atap Sesuai Ukuran Genteng Metal Pasir 

Memastikan ukuran genteng metal pasir membantu pemasangan agar hasilnya sesuai dengan rancangan. Dalam hal ini, Anda perlu mengukur jarak reng yang biasanya disesuaikan dengan beban bahan genteng. Adapun jaraknya berkisar dari 28 sampai 44 cm. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menempatkannya:

  1. Tentukan ukuran dan ketinggian reng

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan ukuran dan ketinggian atau kemiringan jarak reng yag berbahan baja ringan. Rata-rata ketinggian standar yang digunakan adalah 30 derajat. Namun bisa saja berbeda sesuai bangunan yang dipasangi genteng.

Memastikan aspek ini pun memudahkan Anda mengukur jarak antar reng, sehingga genteng tersusun rapi dan terhindar dari berbagai risiko berbahaya.

  1. Tempatkan genteng pada kerangka dari atas

Begitu kerangka baja ringan serta jaraknya siap, teruskan dengan pemasangannya. Umumnya, tahap ini dimulai dari sisi kiri bagian teratas atau kanan ke kiri. Sementara kalau dari bawah, genteng malah berisiko terinjak-injak. 

Cek juga panduannya, terutama kalau penentuan ukuran genteng metal pasir sampai instalasinya dilakukan tanpa kontraktor.

  1. Pasang sekrup genteng memakai bor

Terlepas dari namanya yang terkesan ‘berat’, genteng metal pasir rupanya mempunyai beban ringan. Meski demikian, Anda perlu memastikan pemasangannya kuat untuk mencegah struktur rusak atau roboh. Pilih sekrup berukuran 5 cm sebagai pengikat, lalu pasang memakai bor di posisi tengah dulu. 

Kemudian, usahakan posisinya lurus atau horizontal yang bertujuan menembus reng depan serta belakang. Setelah itu lanjutkan ke bagian-bagian lainnya.

  1. Tutupi genteng menggunakan nok

Pada tahap terakhir, tutup genteng metal pasir menggunakan nok. Nok merupakan bagian penutup yang diletakkan pada bagian atas bangunan. Fungsinya adalah menutupi celah yang barangkai Anda lihat di antara pertemuan kedua sisi genteng.

Tahap pemasangannya pun terbilang mudah. Anda perlu memastikan alur garisnya agar sejajar dan sekrupnya sudah tembus reng. Kemudian, pasang nok pada celah-celah tersebut.

Itulah langkah-langkah pemasangan yang dapat diikuti setelah mengetahui ukuran genteng metal pasir. Semoga informasinya bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top