4 Komponen Utama di Mesin Genset Silent

Pengoperasian genset silent untuk kebutuhan industri dan perorangan ternyata tak bisa lepas dari beberapa komponen utamanya yang penting untuk menunjang performanya. Komponen inilah yang berfungsi untuk mengubah energi kinetik menjadi energi cadangan listrik saat aliran listrik padam. Ada beberapa komponen utama di dalam mesin genset silent ini. 

  1. Generator

Komponen pertama yang ada di dalam mesin genset silent ini adalah generator. Komponen ini berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Bagian ini adalah komponen lanjutan untuk menghasilkan energi dalam bentuk voltase. Lalu, voltase ini digunakan untuk pemenuhan kebutuhan listrik pengguna genset silent. 

  1. Mesin

Tak hanya generator saja yang menjadi komponen penting di dalam genset silent, Anda akan menemukan komponen utama lain yaitu mesin. Mesin ini menjadi komponen terpenting dalam genset silent untuk mengubah energi panas ke mekanik. Perubahan energi itu kemudian diteruskan mesin ke komponen generator. Perubahan energi ini biasanya didapatkan dari proses pembakaran bahan bakar generator. Bahan bakar ini biasanya bermacam-macam sesuai dengan jenisnya. 

  1. Panel Kontrol

Komponen utama nan penting lainnya adalah panel kontrol. Panel ini adalah bagian komponen generator yang berfungsi untuk mengatur sistem pengontrolan penggunaan genset ini. Bagian ini biasanya terdiri dari beberapa bagian seperti pusat kontrol, auto, meter, dan pengaman. Seperti namanya panel kontrol ini berguna untuk menyalakan, mematikan genset, mengatur energi yang dihasilkan, dan melindungi genset dari kerusakan. Panel kontrol ini berfungsi untuk memelihara keawetan genset silent karena biasanya mesin genset mati otomatis bila temperatur panas sudah terlewati, ataupun kehabisan oli serta air radiator. 

  1. Boks dan Peredam Suara

Sesuai namanya yaitu genset silent, mesin ini pastinya memiliki fitur lain untuk meredam suara yaitu boks dan peredam suara. Boks tersebut terbuat dari plat besi yang tepat untuk meredam suara. Boks itu dilengkapi dengan fitur peredam suara sehingga mengurangi kebisingan di sekitar. Pemakaian genset silent ini sangat tepat untuk Anda yang mengoperasikan di kawasan bebas suara ataupun di tengah pemukiman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top