Beda Mesin Es Krim Biasa dan Mesin Es Krim Gelato

Gelato asalnya dari bahasa latin, yaitu Gelatus yang artinya adalah beku. Es krim gelato, khas Italia, memiliki beberapa perbedaan dengan es krim biasa yang berasal dari Amerika. Begitu juga dengan mesin gelato. Berikut ini perbedaan antara Mesin Es Krim Gelato dengan mesin es krim biasa. Jangan sampai salah beli.

Beda Kandungan Gelato dengan Es Krim Biasa

Pada proses pembuatan gelato akan menggunakan lebih banyak susu, dan sedikit krim, serta sedikit kuning telur. Dengan begitu maka kandungan lemak pada gelato lebih sedikit jika dibandingkan dengan es krim biasa. Sedangkan pada proses pembuatan es krim biasa menggunakan krim mengandung lemak minimal 10%. Pada umumnya kandungan lemak pada es krim biasa mencapai hingga 25%. Pada gelato kandungan lemaknya hanya diperbolehkan maksimal hingga 8%. Begitu juga kandungan gula pada gelato tidak boleh melebihi rasa alami buah atau campuran yang lainnya, contohnya cokelat. Gelato harus menonjolkan rasa manis alami dari buahnya. Tapi apabila kurang manis bisa ditambah dengan gula. Makin manis rasa buahnya, makin sedikit gula yang ditambahkan ke mesin gelatonya. Pada saat menyajikannya, maka es krim biasa bisa diambil dengan menggunakan scoop karena strukturnya yang lebih kokoh. 

Sedangkan gelato perlu menggunakan  spatula dengan permukaan yang datar, untuk mengambilnya.

Perbedaan Mesin Gelato dan Mesin Es Krim Biasa.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara mesin es krim biasa dengan mesin es krim gelato.

Tingkat Kecepatan Aduk

Pada mesin es krim ada hopper atau wadah guna mengolah bubuk es krim dan mengaduk dengan cepat yang dilengkapi dengan valve pada sisi depannya apabila hendak menyajikan es krim dengan cone. Di mesin gelato juga ada hopper, dengan tingkat kecepatan mengaduk yang lebih lambat. 

Suhu Pembekuan

Pembekuan es krim biasa menggunakan suhu yang lebih rendah, yakni mencapai hingga minus 20 derajat C. Sedangkan proses pembekuan gelato hanya memerlukan suhu minus 10 derajat C saja. Sehingga rasa es krim biasa cenderung lebih tajam dan lebih tahan beku dan tidak akan cepat mencair. Sedangkan rasa gelato lebih lembut, dan cenderung lebih mudah mencair.

Kandungan Udara

Mesin es krim biasa akan mengaduk dengan lebih kuat selain cepat sehingga terjadi peningkatan volume lewat udara pada saat pengadukan. Volume udaranya bisa bertambah sampai dengan 90%. Sedangkan hasil adukan mesin gelato akan menghasilkan campuran yang lebih padat, dengan kandungan udara yang lebih rendah dan tingkat konsistensi yang lebih padat. 

Penyimpanan

Es krim biasa pada umumnya disimpan menggunakan suhu minus 17 derajat celsius sehingga teksturnya menjadi lebih keras dan membeku. Sedangkan gelato dapat disimpan pada suhu minus 9 derajat celsius saja, sehingga teksturnya bisa menjadi lebih lembut serta lebih halus jika dibanding dengan es krim yang biasa.

Perhatikan beberapa hal tersebut pada saat hendak membeli mesin gelato.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top